Minggu, 11 November 2012

Pengertian Alat Input, Output, dan Pemroses - Komputerisasi Bisnis JOB 4


Pengertian Alat Input, Output, dan Pemperoses


          Dalam mengerjakan tugas kuliah saya dalam mata kuliah “Pengantar Komputer Bisnis ” saya mencoba membuat definisi beserta contoh-contoh dari alat Input, Output & Pemproses beserta contoh-contohnya.

Dalam Perangkat Keras (Hardware) Komputer, terdapat 3 buah konsep perangkat keras, yaitu:
·                     Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.Contoh dari alat input antara lain:
1.             Keyboard adalah papan ketik yang berfungsi memasukan data baik itu char (Karakter),number (Nomor) atau symbol.
2.            Mouse sebuah alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor (Pointer).
3.            Scanner adalah alat input yang berfungsi untuk men duplikat/ mengcopy teks/gambar    dari kertas/foto dsb.
4.            Joystick adalah alat input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game.
5.            Camera digital berupainput gambar/image.
6.            Microphone berupa input suara.
7.            Digitizer digunakan dalam pemetaan.
8.            Touch Screen digunakan memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan nya di sentuh.
9.            Touch pad.
10.          Track ball.
11.          Light pen.
12.          Handycam.

·                     Alat Pemproses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input.Contoh dari alat pemproses adalah Processor
·                     Alat Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.Contoh dari alat Output adalah:
1.            Monitor berfungsi menampilkan display gambar, teks, symbol, dsb.
2.            Printer berfungsi mencetak document yang telah kita buat.
3.            Speaker berfungsi memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3.
4.            Proyektor sama seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding.

DIAGRAM ALUR KERJA KOMPUTER

 

Alur Kerja Komputer. 
1. Input Device (Alat Masukan). 
          Adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.


 

2.
 Output Device (Alat Keluaran).
          Adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.


 

3.
 I/O Ports. 
          Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.


 

4.
 CPU (Central Processing Unit). 
          CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.









 


5. Memori. 
          Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Contoh memory External berupa Hardisk,Flashdisk dan compact disk.




6.
 Data Bus. 
          Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.


 

7.
 Address Bus. 
          Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.


 

8.
 Control Bus. 
          Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
Untuk memudahkan Blogger dalam memahami arti dari Input,Output dan Pemproses, saya akan membuat definisi salah satu Hardware,,,Dalam kesempatan kali ini, Hardware yang akan saya bahas adalah
 Harddisk





Harddisk
A.Definisi Harddisk.
          Hardisk merupakan Hardware tempat penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.Hardisk juga dapat disebut memory Permanen karena dapat tetap menyimpan data walaupun aliran listrik pada computer telah mati,berbeda dengan RAM yang tidak dapat menyimpan data secara permanent karena jika aliran listrik mati,data-data nya pun tidak dapat disimpan.Hardisk dapat bersifat
 Input maupun Output. Hardisk bersifat Input apabila hardisk mentransfer data ke Hardisk atau ke Flashdisk. Hardisk juga dapat bersifat Output apabila ada data yang dikirimkan ke Hardisk ini. Berikut ini merupakan contoh Hardisk.

Pada Harddisk, data disiman dalam lingkarn konsentris yang disebut TRACK. Tiap Track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai Sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari piringan ke piringan, Harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Hed inilah yang selanjutnya bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari Sector tersebut adalah seek time.Setelah menemukan Sector yang diinginkan, maka Head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan ntuk mencari track ini dinamakan Latency.

B. Sejarah harddisk.
          Harddisk pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standarrt komputer yaitu IBM. Ditahun-tahun berikutnya muncul erusahaan lain antara Seagate, Quantum, Corner, sampai dengan Hewlet Ppckard’s di tahun 1992. Pada awlnya teknologi yang digunakan ntuk baca/tulis, antara head baca/tulisannya dan piringan metal penyimpannya saling menyentuh. Tetapi pada saat ini hal ini dihindari, dikarenakan perputaran harddisk saat ini yang tinggi, sentuhan pada iring metal penyimpan justru akan merusak fisik piringan tersebut. Berikut ini sejarah singkatnya.  


1. Punched Card
          Data storage tertua yang diketahui adalah punch card, diciptakan pada tahun 1725 oleh Basile Bouchon pada saat itu penggunaannya adalah untuk menyimpan data pola tenun kain dengan cara melubangi gulungan kertas.


2. Selectron Tube
          Pada tahun 1946 RCA mulai membuat Selection Tube yang merupakan bentuk memori pertama berbasis komputer dengan ukuran panjang sekitar 30cm dengan kapasitas 4Kb. Memori ini tidak berumur panjang di pasaran karena harganya terlalu mahal.

 

3. Magnetic Tape
          Magnetic Tape merupakan media penyimpan data yang biasanya digunakan untuk komputer jenis mini maupun mainfrme.