Minggu, 18 November 2012

Teori Pertumbuhan Ekonomi - Menurut W.W Rostow dan Friederich List


Teori pertumbuhan ekonomi
 
Menurut W.W Rostow
      Menurut W.W Rostow, dapat dikatakan bahwa sejarah perkembangan ekonomi itu melalui beberapa tahapan yaitu:
1.        Tahap masyarakat tradisional
2.       Tahap masyarakat prasyarat untuk lepas landas.
3.       Tahap  masyarakat lepas landas
4.       Tahap masyarakat menuju kematangan
5.       Tahap masyarakat konsuumsi yang berlebih

Penjelasan:
1.        Tahap masyarakat tradisional
Rostow, melihat tahap-tahap perkembangan ekonomi pada tahap permulaan (tradisional) sebagai perekonomian yang memilih fungsi produksi yang terbatas. Namun sebenarnya perubahan-perubahan ekonomi selalu ada. Hal ini dapat dilihat dari adanya perubahan didalam perdagangan dan tingkat pertumbuhan produksi pertanian.


2.       Tahapan prasyarat lepas landas
Tahap ini merupakan tahap yang diberlakukan agar perkembangan ekonomi dapat lepas landas tahap ini biasanya dicirikan oleh pertumbuhan perlahan-lahan dan inovasi.


3.       Tahap lepas landas
Tahap ini merupakan tercapainya perkembangan pesat pada sektor-sektor tertentu yang telah menggunakan teknik produksi modern. Dalam tahap ini penerapan teknik-teknik baru dalam hal industri dapat berjalan dengan sendirinya.


4.       Tahap menuju kematangan
Tahap ini memperlihatkan adanya kematangan ekonomi, yaitu suatu periode ketika masyarakat secara efektif menerapkan teknologi modern terhadap sumber-sumber ekonomi.
 
5.       Tahap masa konsumsi yang berlebihan
Ada 3 kegiatan yang dilakukan dalam tahap ekonomi yang matang ini, yaitu
a.      Menyediakan atau menawarkan (sesuai dengan ukuran masyarakat setempat) jaminan yang lebih baik, kemakmuran dan rasa nyaman kepada angkatan kerja .
b.      Menyediakan konsumsi individu yang lebih banyak, termasuk rumah keluarga secara terpisah produksi barang-barang konsumsi dan jasa secara masal. Sektor-sektor ini menjadi semakin penting.
c.        Mencari perluasan pengaruh bagi negara di mata dunia.


Menurut Friederich List
      Friederich List adalah seorang penganut paham Laissez-faire yang berpendapat bahwa sistem ini dapat bahwa sistem ini dapat menjamin alokasi sumber-sumber produksi secara optimal dan ia menghendaki adanya proteksi bagi industri-industri yang macih lemah.

Menurutnya, perkembangan ekonomi hanya terjadi apabila dalam masyarakat terdapat kebebasan dalam organisasi politik dan perseorangan. Friederich menyusun tahap-tahap perkembangan ekonomi, yang dimulai dari:
Tahap primitif,
Tahap berternak,
Tahap pertanian,
Tahap pabrik,
Tahap perdagangan.  

Albert Surya Kaban

1 komentar: