Minggu, 18 November 2012

Pidato Kenakalan Remaja


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu contoh pidato Tentang Kenakalan di Kalangan Remaja. Sebagai berikut

Selamat pagi bu Pranta, selaku guru Bahasa Indonesia yang mengampu di kelas ini, serta teman-temanku yang saya sayangi. salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama marilah kita menyampaikan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunianya kita masih diberi kesempatan untuk bertatap muka di tempat ini.

Teman-teman yang saya cintai dan ibu guru yang saya hormati.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan tentang kenakalan di kalangan remaja saat ini.

Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi ambang batas kewajaran. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Freesex, Narkoba dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kita dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang melalui media elektronik atau kita melihatnya langsung di lingkungan sekitar kita.
Hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor-faktor menunjang akan perubahan prilaku dikalangan remaja, sebagai contoh

- kurangnya kasih sayang dan pengawasan dari orang tua.
- pergaulan dengan teman yang tidak sebaya.
- peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif.
- tidak adanya bimbingan kepribadian dari sekolah.
- tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya.
- kebebasan yang berlebihan.
- masalah yang dipendam.
- dasar-dasar agama yang kurang.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa dijadikan usaha untuk mengatasi dan mencegah kenakalan di kalangan remaja, khususnya buat diri kita sendiri agar tidak ikut terjerumus kedalamnya, diantaranya

- Perlunya pendidikan agama sejak dini yang rutin yang berguna untuk mempertebal keimanan diri kita sendiri.
- Mentaati nasehat - nasehat yang telah kita terima khususnya dari orang tua kita atau dari orang lain (guru, orang yang lebih berpengalaman atau teman-teman kita).
- Jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dan dan hukum dianggap salah.
- Mempunyai konsep hidup yang benar.
- Menyusun rencana masa depan dengan untuk kehidupan dan masa depan yang baik.

Teman-teman yang saya cintai dan ibu guru yang saya hormati. Tidak ada hal yang terindah dalam hidup ini selain kita mengisi dan menjalani hidup ini dengan ha-hal yang baik.
Akhir kata dari saya, terima kasih atas semua perhatian ibu Guru dan teman-teman kepada saya. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Albert Surya Kaban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar